SMADAV

smadav antivirus indonesia

Tips cara Membuat dokumen PDF gratis dan mudah

Posted by BUDIANTO.COM Kamis, 27 Mei 2010 0 komentar
Tips cara Membuat dokumen PDF gratis dan mudah, Saat ini Portable Document Format (PDF) sudah menjadi distribusi dokumen standard dalam hal keamanan dan dapat diandalkan di seluruh dunia. Sebagian besar dokumen yang disertakan dalam email untuk kelengkapan data, biasanya disertakan dalam pdf. Untuk menghasilkan dokumen dalam format pdf sudah banyak software yang tersedia secara gratis. Jika hanya ingin menghasilkan dari Word, Excel dan sejenisnya, maka bisa digunakan OpenOffice. Semua aplikasinya sudah menyertakan fasilitas untuk menyimpan data dalam format pdf. Tapi bagaimana jika kita ingin menghasilkan dokument dari aplikasi lain, seperti pengolah vektor, gambar, web site dan lainnya ?

pdf logo

Jawabannya adalah dengan fasilitas print langsung ke format PDF. Jadi jika aplikasi tersebut menyertakan fasilitas print ( biasanya menu File > print ), maka dapat dihasilkan dokumen dalam format pdf. Berikut beberapa aplikasi gratis / opensource yang dapat dijadikan alternatif untuk menghasilkan pdf.



1. CutePDF Writer

Dengan CutePDF writer, kita dapat menghasilkan pdf dengan mudah. CutePDF Writer menginstall dirinya sebagai “printer subsystem”, sehingga kita dapat mencetak secara virtual ke format pdf. CutePDF Writer (CutePDF Printer) merupakan versi gratis dari CutePDF Profesional.

CutPDF Writer berlisensi FREE untuk personal dan commercial, tidak ada watermarks juga Popup Web Ads. Untuk dapat memanghasilkan pdf, CutePDF memerlukan PS2PDF converter seperti Ghostscript, yang juga disediakan link di websitenya. Jika hanya untuk menghasilkan pdf, tanpa tambahan fasilitas lainnya, maka cutePDF merupakan aplikasi yang cukup bagus.

Download selengkapnya ( termasuk PS2PDF) bisa dilihat disini :
http://www.cutepdf.com/Products/CutePDF/writer.asp

2. PrimoPDF
Seperti CutePDF, PromiPDF juga diinstall sebagai virtual printer, sehingga kita bisa mencetak untuk menghasilkan pdf. Seperti cutePDF, primoPDF juga gratis dan tanpa pesan iklan. Dibanding CutePDF, aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain :
  • Fasilitas untuk mengoptimalkan hasil untuk screen (prioritas utama untuk dibaca), print (standard laser printer), ebook, dan prepress.
  • Menambah keamanan dengan enkripsi 40- or 128-bit.
  • manambah Informasi dokumen (title, author, subject, keywords) di dokumen yang dihasilkan.
  • Mendukung Double byte character.
  • Mendukung non-TrueType fonts.
  • Kemampuan untuk menggabung atau menambahkan PDF ketika konversi.
Ukuran Instalasi sekitar 13.5 MB.
Download disini
http://www.primopdf.com/primopdf_free_idx.aspx

3. Pdf955

Dibanding aplikasi sebelumnya pdf955 mungkin merupakan pdf creator yang mempunyai fasilitas paling lengkap, tetapi untuk memanfaatkannya berbagai fasilitasnya mungkin kurang praktis, karena melalui aplikasi terpisah. Dan satu hal yang membedakan dengan aplikasi sebelumnya bahwa pdf955 versi gratis selalu menampilkan PopUpWindow ketika dijalankan (Pesan sponsor), yang mungkin terkadang menjengkelkan. Pdf955 juga menggunakan GPL Ghostscript, seperti CutePDF.

Untuk mengedit pdf, diperlukan aplikasi tambahan yaitu pdf955edit. Dengan pdfEdit995 hasil keluaran dapat dicustomisasi, misalnya : menyisipkan bookmarks, menambahkan links, menggabung beberapa files pdf menjadi satu pdf, mengubah page orientation, menambahkan stempel “Confidential”, mengatur resolusi gambar,ringkasan dokumen, membuat batch print untuk aplikasi Microsoft Office dan lainnya.

Pdf955 juga mampu menambahkan Digital Signature atau meng-encrypt PDF, dengan tambahan aplikasi Signature995.Signature995 menggunakan teknologi Microsoft Cryptographic dengan 128-bit DES encryption.

Fasilitas lainnya antara lain :
  • Integrasi dengan Microsoft Word toolbar
  • Konversi PDF ke JPEG, TIFF, BMP, PCX formats, HTML, Word DOC, text.
  • Otomatis menghasilkan daftar isi (Table of Contents)
  • Standard Enkripsi PDF (restricted printing, modifying, copying text and images)
  • Mendukung untuk optimasi PDF, Compressed PDF,custom page sizes, shared network printing
  • Pilihan untuk mengatur ukuran keluaran
  • Konfigurasi Font embedding
  • Konversi PS ke PDF secara mudah.
  • Dapat dikonfigurasi untuk menambah fungsi di Acrobat Distiller
Informasi dan download :

4. PDFCreator
PDF Creator merupakan satu-satunya aplikasi yang merupakan OpenSource, dan tidak kalah dibanding aplikasi sebelumnya, karena memiliki fasilitas cukup banyak. Hanya saja bagi pengguna windows Vista, mungkin ada beberapa permasalahan. Fasilitas tambahannya antara lain :
  • Menghasilkan dokumen dalam format berikut: Portable Document Format (PDF), Postscript (PS), Encapsulated Postscript (EPS), PNG, JPEG, BMP, PCX, and TIFF.
  • Combine multiple documents into one PDF.
  • Password protect and apply up to 128 bit encryption to your PDF documents.
  • Automatically save PDF documents with current settings without being prompted for information
Untuk Download dan Informasi selengkapnya silahkan kunjungi web :

Cara menghasilkan dokumen PDF

Untuk menghasilkan file PDF, secara umum tinggal piih Menu File > Print ( atau menu lainnya untuk mencetak dokumen), kemudian dibagian Select Printer, pilih nama aplikasi yang sesuai, misalnya CutePDF, PrimoPDF, PDF955 atau PDFCreator. kemudian klik Print. Jika memerlukan opsi tambahan maka akan ditampilkan, atau langsung ditampilkan lokasi dimana file akan disimpan.

Sumber : Ebsoft.web.id

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG ini benar-benar DOFOLLOW
Silahkan dapatkan Backlink Gratis dengan Komentar
Maaf SPAM akan Dihapus,
Contoh SPAM : Mengetik Link Pada Komentar, Komentar tidak sesuai Isi Artikel,No Porno, No Sara.

Total Tayangan Halaman