SMADAV

smadav antivirus indonesia

Tokoh-tokoh Penting Akan Hadiri Sidang Praperadilan Susno

Posted by BUDIANTO.COM Senin, 24 Mei 2010 0 komentar
Tokoh-tokoh Penting Akan Hadiri Sidang Praperadilan Susno



Jakarta - Sidang perdana praperadilan atas penetapan status tersangka dan penahanan Komjen Pol Susno Duadji akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sejumlah tokoh dan purnawirawan polri akan datang untuk menyaksikan jalannya persidangan tersebut.


Juru Bicara tim pembela Susno, Ari Yusuf Amir mengatakan, sidang akan dimulai pukul 10.00 WIB di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Senin (24/5/2010).

Melihat fakta-fakta hukum yang ada, Ari optimis hakim akan mengeluarkan ketetapan bahwa penahanan kliennya tidak sah. Sebab, penahanan Susno hanya didasarkan pada satu alat bukti saja, yakni pengakuan Sjahril Djohan, yang disebut sebagai aktor besar mafia kasus di tubuh Polri.

"Alat bukti yang dimiliki polisi hanya pengakuan Sjahril. Sangat berbahaya kalau hanya berdasarkan pengakuan seseorang, apalagi dia juga menjadi tersangka, Pak Susno kemudian ditahan. Saya yakin hakim akan bersikap obyektif dan memenangkan gugatan kami," ujar Ari dalam siaran pers yang diterima detikcom, Senin (24/5/2010)

Sikap hakim yang mandiri dan berani menolak kesewenang-wenangan polisi, lanjut Ari, akan sangat membantu menciptakan iklim yang kondusif dalam pemberantasan mafia hukum. "Masyarakat akan makin berani dan bersikap pro aktif dalam ikut memberantas mafia hukum. Sebab mereka akan menilai bahwa hukum tetap berpihak pada kebenaran," tegasnya.

Sejumlah tokoh penting dan purnawirawan polri direncanakan akan hadir dalam sidang praperadilan Susno.
Mereka antara lain Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Komisi Yudisial Busro Muqodas, Ketua Komnas HAM Ifdal Kasim, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif dan mantan Hakim Agung Bismar Siregar. Dari Purnawirawan Pati Polri akan hadir antara lain mantan Ketua TPF Munir Brigjen Marsudi Hanafi.

"Insya Allah para tokoh tersebut akan hadir," kata Ari.

Menurut Ari, sidang praperadilan ini memang menarik perhatian publik karena kentalnya aroma rekayasa dalam kasus Susno. Banyak kalangan yang menilai Susno sengaja dibungkam oleh para petinggi Polri karena upayanya membongkar mafia kasus di lembaga penegak hukum, khususnya Polri.

"Mereka akan hadir untuk memastikan hakim berani bersikap mandiri dan mampu menolak adanya intervensi," tegas Ari.

DETIK.COM

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG ini benar-benar DOFOLLOW
Silahkan dapatkan Backlink Gratis dengan Komentar
Maaf SPAM akan Dihapus,
Contoh SPAM : Mengetik Link Pada Komentar, Komentar tidak sesuai Isi Artikel,No Porno, No Sara.

Total Tayangan Laman