SMADAV

smadav antivirus indonesia

Ada 7 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Wanita

Posted by BUDIANTO.COM Jumat, 04 Juni 2010 0 komentar
Ada  7 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Wanita, Wanita dari usia melahirkan anak hingga menopause, fungsi fisiologis tubuh berubah menurun, nutrisi yang dibutuhkan juga seiring berubah. Misalnya pada masa usia melahirkan, setiap bulan menstruasi menyebabkan tubuh kehilangan darah, pada masa itu tubuh tidak boleh kekurangan suplemen zat besi. Setelah menstruasi berhenti, zat besi yang dibutuhkan agak berkurang, penyerapan zat besi yang berlebihan akan mempengaruhi kesehatan. Pada tahapan yang berbeda, bagaimana dengan benar mengatur penyerapan gizi, hal ini sangatlah penting.

Makanan adalah sumber penting nutrisi, dan lebih mudah diserap oleh tubuh untuk digunakan. Sementara ada beberapa nutrisi tidak bisa diserap secukupnya dari makanan, ahli gizi berpendapat bahwa penambahan suplemen merupakan suatu keharusan. Khususnya orang-orang yang berusia lanjut, karena mengalami penurunan fungsi fisik, daya penyerapan gizi makanan berkurang, maka perlu untuk menambahkan suplemen multi-vitamin guna menjaga kesehatan, mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh yang disebabkan kekurangan gizi.


Ahli gizi membuat daftar nutrisi penting yang dibutuhkan wanita adalah sebagai berikut:
I) Zat Besi

Zat Besi merupakan unsur utama untuk pembuatan sel darah merah. Fungsi sel darah merah adalah mengantarkan oksigen dari paru-paru ke sel-sel seluruh tubuh, memerankan fungsi oksidasi untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Kekurangan zat besi akan mempengaruhi produksi sel darah merah, menyebabkan anemia(darah rendah) serta kekurangan suplai oksigen, sehingga mudah lelah, muka pucat, daya tahan tubuh rendah, daya ingatan berkurang, dan cepat menua. Jika dalam jangka panjang tidak diobati, akan menyebabkan lemah jantung. 


Wanita dikarenakan menstruasi menyebabkan kehilangan zat besi, maka perlu penambahan zat besi yang cukup untuk mencegah anemia(darah rendah). Zat besi yang bersumber dari makanan adalah paling ideal,, jika perlu dapat ditambah dengan zat besi olahan. Makanan yang kaya akan zat besi termasuk daging merah, unggas peliharaan, hati, kerang, telur ayam, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, jamur hitam, biji-bijian, buah kering dan sebagainya. Pada saat makan dilengkapi dengan buah-buahan lebih baik, karena vitamin C yang ada dalam buah dapat meningkatkan penyerapan zat besi. namun perlu hindari minuman kopi atau teh, karena polyphenol yang terkandung dalam kopi dan asam tannic yang terkandung dalam teh akan mempengaruhi usus dalam penyerapan zat besi. 


Wanita pada masa post-menopause, zat besi yang dibutuhkan lebih sedikit.. Kecuali dokter yang menyarankan perlu penambahan zat besi, bila tidak, maka di saat mengkonsumsi multi-vitamin, lebih baik pilih yang tidak mengandung zat besi, karena kandungan zat besi yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi penyerapan kalsium. Penelitian di Finlandia dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa suplemen zat besi yang berlebihan bisa meningkatkan ratio penyakit kardiovaskular(jantung).

II) Kalsium

Kalsium adalah komponen utama pembentukan tulang. Jika penyerapan kalsium tidak mencukupi, mudah mengakibatkan osteoporosis (keropos tulang), bahkan menyebabkan patah tulang, dalam kasus berat, dapat pula mengancam jiwa. 


Selama masa hamil dan menyusui harus menyerap kalsium secukupnya. Kekurangan kalsium tidak hanya mempengaruhi kesehatan dan perkembangan bayi, bahkan mudah menyebabkan sakit punggung /pinggang, kaki kram dan sebagainya pada sang ibu. Ketika berusia lanjut juga mudah menyebabkan osteoporosis. 


Manusia setelah memasuki usia setengah baya, kualitas tulang mulai menurun, terutama pada wanita, setelah menopause tingkat penurunan bertambah cepat. Data Yayasan Osteoporosis Nasional Amerika menunjukkan bahwa 80% pasien osteoporosis adalah wanita. Dokter menyarankan, saat masih muda harus menyerap zat kalsium secukupnya, sebagai simpanan untuk keperluan tulang, demi mengurangi resiko terkena osteoporosis di usia tua. Disamping itu, wanita yang berusia lanjut harus menghindari konsumsi berlebihan pada minuman yang mengandung kafein (seperti kopi atau teh dll), atau merokok. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi kepadatan tulang, yang menyebabkan osteoporosis. 


Kalsium yang dibutuhkan wanita setiap hari terdapat perbedaan berdasarkan usia, umumnya 1.000 sampai 1.500 mg. Susu dan produk susu lainnya kaya akan zat kalsium, terutama susu, sangat mudah bagi tubuh untuk diserap. Selain itu masih ada produk kacang-kacangan, ikan, ikan kering, udang, kerang, wijen hitam, jamur hitam, rumput laut, sayur kelan, bayam dan sebagainya yang rata-rata kaya zat kalsium. Jika tidak dapat memperoleh kalsium secukupnya melalui makanan, maka harus memikirkan cara lain untuk penambahan kalsium olahan. 

III) Vitamin D

Vitamin D dapat memperkuat usus dalam penyerapan kalsium dan fosfor, untuk mencapai tujuan memperkuat tulang. Sinar ultra violet dari matahari dapat membuat dehidrogenasi kolesterol dalam kulit berubah menjadi vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 90% vitamin D pada tubuh manusia diperoleh dari penjemuran matahari, sehingga disebut "vitamin sinar matahari." Penjemuran yang wajar setiap hari, ditambah dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah yang sesuai, mampu menghasilkan cukup vitamin D. Makanan yang berasal dari produk hewan merupakan sumber utama vitamin D , seperti susu, produk susu, hati, hidangan laut dll. Sedangkan yang paling kaya akan vitamin D adalah minyak ikan. 


Wanita berusia lanjut, karena fungsi pengolahan vitamin D menurun, ditambah dengan penurunan fungsi usus secara bertahap, daya penyerapan terhadap kalsium juga turut berkurang. Selain itu, cream pelindung kulit terhadap sinar UV matahari telah menghalangi penjangkauan sinar matahari pada kulit, sehingga mempengaruhi penyerapan vitamin D. Untuk mengkompensasi kekurangan ini, wanita berusia lanjut dapat memikirkan penambahan multi-vitamin yang sekaligus mengandung vitamin D dan kalsium. Pada usia diatas 50 tahun jumlah kebutuhan vitamin D perhari adalah 400 unit, sementara usia diatas 70 tahun membutuhkan 600 unit. Tetapi jangan melebihi 800 unit, untuk menghindari penyerapan berlebihan yang dapat menyebabkan hypercalcemia (kelebihan kalsium pada darah) dan hiperlipidemia (kelebihan asam urat), yang akan mengakibatkan perusakan pada ginjal, jantung dan pembuluh darah. 

IV) Vitamin B6, dan B12

Vitamin B6 membantu produksi sel darah merah dan metabolisme. Vitamin B12 membantu menjaga kesehatan sel-sel saraf, dan perkembangan sel darah merah , serta memelihara kesehatan pembuluh darah jantung. Kekurangan vitamin B6 atau B12 dapat menyebabkan anemia(darah rendah). Kedua vitamin kelompok B ini juga sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.


Vitamin B6 dan B12 biasanya ditemukan dalam protein hewani. Mayoritas orang-orang yang berusia lanjut akan mengalami kekurangan kedua vitamin tersebut, karena turunnya daya penyerapan lambung dan usus, atau kurang mengkonsumsi daging, atau pengunyahan yang kurang sempurna. Oleh karena itu, diusulkan untuk menggunakan suplemen multi-vitamin. 


Survei menemukan bahwa orang berusia lanjut apabila kurang menyerap vitamin B6 akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan kemampuan berpikir. Penelitian University Oxford Inggeris juga menunjukkan bahwa orang berusia lanjut yang kekurangan vitamin B12, kapasitas pikiran pada otaknya kemungkinan akan cepat menyusut dan menyebabkan gejala pikun. Universitas Osaka Jepang baru baru ini mempublikasikan hasil penelitiannya, bahwa penyerapan vitamin B6, B12 dan asam folat yang kurang memadai akan meningkatkan resiko infark miokard tariff (penyumbatan pembuluh darah jantung). 


Makanan yang kaya vitamin B 6 adalah daging, hati hewan, telur ayam, pisang, ikan salmon, kentang, hevermout, beras merah, kacang tanah, tunas gandum dan madu. Makanan yang kaya Vitamin B12 termasuk daging, produk susu, telur, gandum, beras merah dan rumput laut. Di antara obat ramuan Tiongkok, Tang-kui (angelica) dan daun Ming-re juga mengandung vitamin B12. 


V) Asam folat

Asam folat dikategorikan dalam kelompok vitamin B. Bagi wanita yang sedang hamil atau akan hamil harus banyak menyerap asam folat. Penelitian membuktikan bahwa kekurangan vitamin B akan menyebabkan bayi cacat otak dan tulang punggung. U.S. Federal Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 1998 sudah menetapkan, bahwa semua produsen makanan diminta menambahkan asam folat pada hasil produknya berupa roti, terigu, sereal dll. Untuk produk gandum seutuhnya termasuk roti gandum, beras merah, havermout dan sebagainya tidak perlu ditambahkan, karena makanan tersebut sudah mengandung asam folat alami. 


Selain suplemen asam folat, sayur-sayuran yang berwarna hijau juga mengandung asam folat cukup tinggi, seperti bayam, kembang kol hijau, selada, ketumbar, asparagus dan lainnya. Daun sayuran yang berwarna makin hijau tua, kandungan asam folatnya makin tinggi, yang tertinggi adalah bayam. Lainnya seperti jeruk, kiwi, melon, labu, kacang-kacangan juga kaya akan asam folat. 

VI) β-karoten

Karoten mempunyai fungsi antioksidan, dapat melindungi tubuh manusia dari radikal bebas yang merusak sel, mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung dan kanker. Sumber utama karoten berasal dari sayur dan buah yang berwarna hijau atau orange, misalnya bayam, kucai, daun lobak, wortel, tomat merah, aprikot, pepaya, melon, labu, ubi jalar, mangga dan lainnya. Penyerapan karoten berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi kuning, terutama pada tangan dan kaki, yang dikenal sebagai "carotenemia", setelah berhenti mengkonsumsinya, perlahan-lahan secara alami akan pulih seperti semula . 

VII) Asam lemak Omega -3

Dikarenakan wanita mempunyai hormon estrogen yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah jantung, sehingga pembuluh darah tidak begitu mudah tersumbat dan terjadi pengerasan. Namun seiring usia yang semakin tua, sekresi hormon berkurang atau terhenti, mudah terjadi akumulasi lemak di dinding pembuluh darah, sehingga resiko terkena penyakit jantung dan stroke juga meningkat. Asam lemak omega -3 telah terbukti dapat mengatur lemak darah, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung. Ikan salmon dan ikan tuna kaya akan asam lemak Omega -3. Jus jeruk murni biasanya juga ada penambahkan asam lemak Omega -3. Kapsul minyak ikan juga dapat menyediakan asam lemak yang diperlukan, tetapi pada masa hamil dan menyusui, atau mereka yang ada gejala perdarahan (misalnya sebelum atau sehabis operasi, sewaktu menstruasi dll), maupun sedang mengkonsumsi antikoagulan (obat anti pembekuan darah) atau obat lainnya, penggunaannya harus di bawah pengarahan dokter. 


Manusia dari usia muda menuju penuaan adalah hukum alami. Teori dari pengobatan tradisional Tiongkok menekankan, kesehatan fisik dan kesehatan mental saling mempengaruhi, saling mengekang dan menyeimbangkan. Selain memperhatikan kebiasaan hidup yang baik dalam hal makan dan minum, mengkonsumsi suplemen gizi selayaknya ( sesuai petunjuk dokter dan ahli), serta olahraga secukupnya, tak kalah penting adalah sayangi kehidupan ini, tidak cemas dan tidak tegang, selalu tersenyum, setiap saat menjaga ketenanga dan kedamaian di dalam hati, toleran terhadap semua orang dan urusan, dengan demikian, biarpun berada pada tahap usia manapun, pasti dapat membuat kita hidup lebih sehat, lebih bahagia.

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG ini benar-benar DOFOLLOW
Silahkan dapatkan Backlink Gratis dengan Komentar
Maaf SPAM akan Dihapus,
Contoh SPAM : Mengetik Link Pada Komentar, Komentar tidak sesuai Isi Artikel,No Porno, No Sara.

Total Tayangan Halaman