SMADAV

smadav antivirus indonesia

Nokia Terpuruk, BlackBerry-Samsung Aman

Posted by BUDIANTO.COM Minggu, 20 Juni 2010 0 komentar

Para investor Nokia seperti disiram air dingin saat mengetahui produsen handset ini berjuang menurunkan harga pada kuartal kedua. Sebaliknya analis Wall Street memperkirakan kejatuhan ini tidak akan dialami pesaing Nokia.

Tindakan Nokia dilakukan akibat jatuhnya penjualan di pasar smartphone kelas atas.
“Peringatan soal keuntungan Nokia itu masalah besar yang spesifik dan diakibatkan portfolio mereka yang tidak bersaing di pasar smartphone high-end,” ujar salah satu analis Wall Stret yang meminta untuk anonim, seperti dikutip dari Daily Finance.

“Meskipun ini menyolok, saya tidak melihat secara langsung terjadi pula pada Motorola dan Samsung,” tambahnya lagi.

Meskipun Nokia harus berjuang menarik perhatian pembeli di sektor smartphone kelas atas, iPhone milik Apple ataupun BlackBerry dari RIM tetap memiliki pangsa yang dominan. Ponsel berbasis Android milik Google juga berkembang pesat.

Produsen ponsel yang berbasis di Finlandia ini kurang gesit menampilkan smartphone mereka setelah peluncuran iPhone tiga tahun lalu. Ponsel terbaru mereka adalah N8 yang menuai kritik di mana hanya ditemukan sedikit perbedaan antara sistem operasi Sybian 3 dengan versi sebelumnya.
“Versi 4 akan segera datang tahun depan, namun secara teori tampaknya ini akan lebih mirip dengan iPhone milik Apple,” ujar Jay Goldenberg, analis dari Deutsche Bank.

“Dalam sejarah, Nokia telah bekerja dengan baik dalam mengembangkan versi hardware baru mereka, namun saat ini semuanya soal software dan Nokia harus berjuang soal ini.”

Di lain pihak, tampaknya kompetitor Nokia tidak mengalami masalah yang sama. Apple pada Selasa lalu mulai memunculkan iPhone 4 termasuk fitur tambahan seperti videoconferencing.

Goldberg memperkirakan bahwa keuntungan RIM tetap utuh karena pasar smartphone terus berkembang dan mampu mengakomodasi kedua pemain ini.

Samsung, produsen adal Korea Selatan ini tampaknya merefleksikan diri sebagai ahli waris dari kesengsaraan Nokia. Samsung tampak mengambil alih secara langsung penjualan Nokia dalam pangsa menengah hingga ke bawah, ujar Goldenberg.

Selain itu, Motorola juga menjadi pemain di segmen ini dengan memfokuskan diri pada perangkat Android dari Google. Saat ini, produsen tersebut rela mengorbankan keuntungan dan pangsa pasar, kata Goldberg.
Investor Motorola tampaknya tidak terpengaruh oleh peringatan Nokia di kuartal kedua. Goldberg menunjukkan bahwa Motorola sejauh ini melakukan dengan baik menyangkut Motorola Droid.

inilah.com

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG ini benar-benar DOFOLLOW
Silahkan dapatkan Backlink Gratis dengan Komentar
Maaf SPAM akan Dihapus,
Contoh SPAM : Mengetik Link Pada Komentar, Komentar tidak sesuai Isi Artikel,No Porno, No Sara.

Total Tayangan Halaman