SMADAV

smadav antivirus indonesia

9 Tewas dalam Ledakan di Irak

Posted by BUDIANTO.COM Jumat, 14 Mei 2010 0 komentar
Mengerikan 9 Tewas dalam Ledakan di Irak, Irak terus dilanda kekerasan (Foto: Reuters)
BAGHDAD - Sebuah ledakan terjadi di sebuah cafe yang banyak dikunjungi pengunjung di Sadr City, Rabu 12 Mei tengah malam. Insiden ini menyebabkan sembilan orang tewas.


Polisi sebelumnya menyatakan, jika ledakan tersebut berasal dari sebuah bom mobil. Tetapi seorang pejabat polisi Sadr City menepis has itu. Kepolisian kota yang didominasi umat muslim Syiah ini memperkirakan ledakan ini terjadi tidak sengaja dan dianggap sebagai ledakan prematur. Demikian diberitakan Associated Press, Kamis (13/5/2010).

Wilayah Sadr City ini memang merupakan wilayah yang dianggap sebagai pendukung tokoh pemuka agama setempat Muqrada Al Sadr, yang anti dengan keberadaan Amerika Serikat (AS) di Irak. Pada April tahun lalu Sadr City sempat juga diguncang ledakan dahsyat. Saat itu sekira 72 orang dilaporkan tewas terkena ledakan.

Beberapa hari terakhir Irak memang terus dilanda pengeboman yang menewaskan ratusan warganya. pada hari Senin 10 Mei lalu total 115 jiwa tewas akibat pengeboman yang disertai serangan penembakan di Basra.

Serangan bertubi-tubi melanda sekira 10 kota di Irak ini, membuahkan pertanyaan apakah pasukan keamanan Irak nantinya mampu melindungi negaranya saat Amerika Serikat (AS) bersiap untuk menarik setengah dari pasukan mereka. Seperti diketahui AS sekira 92 ribu pasukan AS masih tetap bersiaga di Irak hingga waktu empat bulan ke depan.

Pihak berwenang Irak sendiri langsung menyalahkan kelompok militan yang memiliki kaitan dengan Al Qaeda atas serangan terburuk yang dialami Irak tahun ini. Pemerintah Irak juga menyatakan, jika kelompok militan saat ini menggandakan usaha mereka untuk mengganggu kestabilan negeri Saddam Hussein tersebut.

Aksi pengeboman ini berlangsung di saat partai politik di Irak terus melakukan negosiasi pembagian kekuasaan, untuk membentuk pemerintahan baru setelah dua bulan pemilihan umum berlangsung.

Perdana Menteri Nouri Al Maliki terus menekan Ayad Allawi yang didukung oleh kalangan Sunni Arab yang jumlah suaranya dalam pemilu masih jauh di atas Maliki yang murni didukung oleh kelompok Syiah.

Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG ini benar-benar DOFOLLOW
Silahkan dapatkan Backlink Gratis dengan Komentar
Maaf SPAM akan Dihapus,
Contoh SPAM : Mengetik Link Pada Komentar, Komentar tidak sesuai Isi Artikel,No Porno, No Sara.

Total Tayangan Laman